RSS

Template Artikel untuk Hibah DIKTI

05 Jun

Setiap publikasi / berkala ilmiah memiliki template tersendiri, meskipun gak jauh berbeda. banyak yang ditolak naskahnya karena hal yang terkesan sepele ni. Proposal penelitian, proposal pengabdian masyarakat, dan artikel biasanya memliki aturan ketat terkait template. beberapa pengelola jurnal masih “berbaik hati” dengan meminta penulis memperbaiki tulisan sesuai dengan templatenya. Namun, ada yang langsung dikembalikan lho. Nah, untuk mendapatkan hibah DIKTI, juga ada aturan yang harus diikuti para dosen.

 

sumber : http://www.simlitabmas.dikti.go.idarticles

1. Judul 

Judul ditulis dengan font Times New Roman 12, dicetak tebal. Maksimum terdiri dari 12 kata, dan posisi nya tengah atas.

2. Nama dan Afiliasi Penulis 

Nama dan Afiliasi Penulis  ditulis dengan font Times New Roman 10, bercetak Tebal dan nama tidak boleh disingkat. afiliasi yang digunakan adalah nama fakultas, perguruan tinggi dan email. Ada baiknya menggunakan email resmi dari kampus. jika tidak ada boleh saja menggunakan email umum (yahoo, gmail, dll) namun perlu diperhatikan nama ang tertera adalah “nama benar”, bukan “nama aneh aneh”. tentu saja “ega-gradini@ymail.com” jauh lebih serius daripada “egachibie345@ymail.com” kan 🙂

contohnya :

Penulis11), Penulis22) dst.

1 Nama Fakultas, nama Perguruan Tinggi (penulis 1)

email: penulis _1@abc.ac.id

2 Nama Fakultas, nama Perguruan Tinggi (penulis 2)

email: penulis _2@cde.ac.id

3. Abstrak dan Kata Kunci 

Tulisan “Abstract” nya sendiri ditulis dengan font Times New Roman 11 bercetak Tebal dan Miring. Sementara abstraknya sendiri ditulis dalam bahasa Inggris yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia (paragraf), tidak lebih dari 200 kata. font yang digunakan adalah Times New Roman ukuran 11, spasi tunggal, dan cetak miring.  Sementara kata kunci (Keywords), maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. juga ditulis dengan Font Times New Roman ukuran 11, spasi tunggal, dan cetak miring.

#perhatikan betul batasan kata untuk absrak ini, saya pernah punya pengalaman ditolak karena jumlah kata melebihi batas yang ditentukan.

4. Isi 

Isi terdiri dari Pendahuluan, Kajian literatur dan Pengembangan Hipotesis (optional/jika ada), Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan dan Referensi. Sub judul ditulis dengan font Times New Roman ukuran 11  dan bercetak tebal. Semuanya ditulis dengan font Times New Roman ukuran 11, Spasi 1.5, dan 2 kolom.

a. Pendahuluan 

Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. Ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 11, normal.

b. Kajian literatur dan Pengembangan Hipotesis (optional/jika ada) 

Bagian ini berisi kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris. Hipotesis peneltiian (jika ada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung oleh kajian empiris (penelitian sebelumnya). Ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 11, normal.

#pada bagian ini perlu dimasukkan kajian empiris daari penelitian yang relevan. ini gak boleh ditawar hehehe

c. Metode Penelitian 

Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis.Ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 11, normal.

d. Hasil dan Pembahasan 

Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. Ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 11, normal.

e. Kesimpulan 

Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. Ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 11, normal.

f. Referensi 

Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. Ditulis dengan font Times New Roman, ukuran 11, normal.  Mungkin ada teman teman yang masih bingung (sama hehehe ) mengenai aplikasi referensi Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. dari mbah Google saya mendapatkan beberapa catatan kecil yang mungkin berguna.

# aplikasi mendeley

# Zotero

# Refworks

 
Leave a comment

Posted by on June 5, 2014 in Education

 

Tags: , ,

Leave a comment